Website Terbaik Untuk Latihan Tes Psikotes

Kumpulan Website Terbaik Untuk Latihan Tes Psikotes

Kumpulan website untuk keperluan latihan tes psikotes sangat bermanfaat bagi para pencari pekerjaan atau yang sedang mempersiapkan diri mengikuti seleksi tes psikotes. Tentunya, agar dapat diterima bekerja di suatu perusahaan, setiap pelamar wajib melewati tes psikotes.

Tes psikotes yang sering digunakan sebagai bagian filterisasi calon karyawan dikenal pula dengan istilah tes kepribadian yang berfungsi untuk mengetahui sifat, sikap, produktivitas dan potensi kecerdasan dari calon pelamar.

Namun, di tahap ini cukup banyak para pelamar kerja yang mengalami kegagalan. Hal tersebut disebabkan karena ketidak sesuaian antara kriteria kepribadian yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan kepribadian calon pelamar.

Tujuan pelaksanaan tes psikotes yakni untuk memahami tipe-tipe kepribadian sehingga apabila terdapat kelemahan atau kekurangan bisa langsung memperbaikinya atau mencoba mencari kembali perusahaan yang memiliki sesuaian dengan kepribadian calon pelamar. Efek positifnya adalah calon pelamar bisa memperoleh pekerjaan yang cepat dan berada pada perusahaan yang tepat.

Cukup mudah untuk mengikuti tes psikotes atau tes kepribadian sebelum bekerja. Calon pelamar bisa menggunakan beberapa website atau situs tes kepribadian yang sekarang ini ini sangat banyak bertebaran di internet. Artinya, kapanpun dan dimanapun anda bisa berlatih secara mandiri.

Salah satu kelebihan yang menjadi nilai plus pada situs yang menyediakan latihan tes psikotes adalah bersifat gratis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Website Untuk Latihan Tes Psikotes

Tespsikotes.com mencoba untuk merangkum 15 website atau situs yang bisa anda manfaatkan untuk berlatih tes psikotes. Berikut adalah ulasannya.

1. Website Ipersonic.Net

Pengembang dari website ini adalah parapsikolog sekaligus penulis buku. Adapun pendiri sekaligus pengembang dari ipersonic adalah Felicitas Heyne. Beliau merupakan salah satu anggota dari afiliasi APA atau internasional American psychological Association.

Penggunaan dari website ipersonic.net juga cukup mudah. Anda disediakan waktu 60 detik untuk mengikuti tes kepribadian guna memahami sejumlah tipe kepribadian, mulai dari sosial, realistis, pemikir, idealis dan beberapa bentuk kepribadian yang lainnya.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bank Mandiri Dan Jawabannya

2. Website Psych Central

Psych Central adalah salah satu website yang bisa anda gunakan untuk latihan tes psikotes, namun mengerucut pada persoalan klinis dan kepribadian. Beberapa contoh hasil yang diberikan oleh Psych Central adalah tentang procrastination atau gangguan makan, kecemasan, mood dan lain sebagainya.

3. Website Institute For Health Of Human Potential

Sistem kerja dari website ini adalah dengan meminta anda menilai sejumlah pernyataan dengan cara memberikan jawaban setuju atau tidak pada pernyataan-pernyataan yang diberikan. Hasil akhir dari penilaian website ini yaitu untuk mengetahui perilaku yang anda miliki ketika bekerja atau dengan orang lain termasuk bagaimana cara menyelesaikan suatu permasalahan.

4. Website See My Personality

Website ini adalah salah satu website yang berguna untuk melatih tes kepribadian dan memiliki beberapa jenis tes psikotes. Contohnya adalah tes IQ yang berguna untuk mengetahui skor kecerdasan. Disamping itu, Anda nantinya akan memahami Bagaimana kerja dari otak, apakah yang sering digunakan adalah otak kanan atau otak kiri.

5. Website Sokanu

Hasil yang diberikan dari latihan tes psikotes dari website sokanu adalah penilaian mengenai karir, diantaranya adalah tujuan pada saat memilih jalur karir, minat, latar belakang dan kepribadian.

6. Website Interpersonal Skill Self Assessment

Cakupan yang dimiliki Pada saat Anda mengikuti latihan tes psikotes pada website interpersonal skills self assessment yaitu sejumlah komponen dasar tes psikotes dimulai dari kecerdasan emosional, kerjasama tim, mendengarkan serta berkomunikasi menggunakan komunikasi verbal.

Disamping itu, hasil tes dari website ini nantinya akan memberikan kepada anda ada berupa gambaran seberapa jauh Anda didalam mengerti perkembangan dari kemampuan interpersonal anda serta bagian mana saja yang perlu untuk ditingkatkan.

Baca Juga   Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

7. Website Test Color

Fungsi dari website ini cukuplah sederhana, di mana pengguna diminta untuk mengurutkan warna-warna yang disediakan, mulai dari warna yang sangat disukai sampai dengan warna yang dibenci. Tujuan dari pelaksanaan tes ini yaitu untuk memahami kemampuan imajinasi, manajemen dan kepemimpinan yang ada di dalam diri anda.

8. Website Hexaco Personality

Beberapa tipe kepribadian yang akan diketahui jika Anda menggunakan website ini untuk latihan tes psikotes diantaranya adalah Openness To Experience, Conscientiousness, Agreeableness, Extraversion, Emotionally dan Honesty-Humility.

9. Website My Next Move Onet Interest Profiler

Fungsi dari website ini adalah mengarahkan anda di dalam memilih jalur karir yang paling sesuai dengan yang diminati. Tidak berhenti disitu saja, setelah anda mengerti jalur karir yang bisa diambil, anda akan mendapatkan informasi mengenai persiapan apa saja yang dibutuhkan guna menjalani karir tersebut.

10. Website EQ Test Goleman

Perancang dari website EQ Test Goleman adalah Daniel goleman. Beliau adalah salah satu jurnalis dan juga seorang psikolog. Isi dari website EQ Test Goleman yaitu pertanyaan-pertanyaan yang dikemas dalam studi kasus. Hasil dari tes psikotes pada website ini ini adalah informasi mengenai kecerdasan emosional.

11. Website Who Am I

Website Who Am I cukup berbeda dengan website latihan tes psikotes yang lainnya. Pada website ini, anda akan diminta untuk memilih satu gambar yang paling disuka dari beberapa gambar yang telah disediakan.

Pilihan gambar anda akan menginformasikan kepada anda tentang karakteristik dari diri secara keseluruhan. Model tes psikotes menggunakan website Who Am I pastinya sangat menyenangkan.

12. Website Eysenck Personality Inventory

Website ini adalah salah satu website yang menyediakan sejumlah pertanyaan mengenai kepribadian dan membutuhkan jawaban Ya atau Tidak. Adapun hasil yang didapat dari website ini adalah dua dimensi kepribadian, yaitu neuroticism-stability dan extraversion-introversion.

Baca Juga   Langkah Jitu Agar Skripsi Bisa Diselesaikan Dengan Cepat, Silahkan Simak Sebaik-Baiknya

13. Website Crystal Know

Website Crystal know bisa anda gunakan sebagai media latihan kepribadian dan hasilnya bisa didapat dengan cukup cepat. Latihan tes psikotes pada website Crystal know dibagi menjadi 4, yaitu Compliance, Submission, Unfluence Dan Dominance.

Hasil yang didapat dari latihan lewat website kristal KNO yaitu untuk menginformasikan type dari kepribadian anda serta ciri perilaku individu.

14. 16 Personalities

Sejumlah gambaran yang bisa anda dapatkan dari latihan tes psikotes lewat website 16 personalities adalah identitas, taktics, nature, energi serta cara berfikir. Kualitas hubungan kerabat kerja, teman, dan keluarga tentu bisa diketahui lewat website 16 personalities.

Website ini dikenalkan oleh Myers-Briggs dan Carl Jung, mampu memberikan penilaian kekuatan dan kelebihan yang dimiliki tanpa disadari.

15. Website Psychologytoday

Situs atau website Psychologytoday sangat cocok Anda coba untuk berlatih tes psikotes dan juga tes kepribadian secara online. Apakah anda termasuk kepada Golongan ekstrovert atau introvert bisa diketahui lewat latihan di website Psychologytoday.

Skor EQ dan IQ, social skills, kemampuan leadership, kemampuan entrepreneurship bisa anda dapatkan setelah berlatih di website ini.

Ingin mendapatkan karir Cemerlang? Persiapkan diri Anda !

Untuk mengetahui seberapa besar sisi baik dan sisi buruk anda tentu bisa didapat dari latihan menggunakan salah satu website untuk tes kepribadian atau tes psikotes. Artinya, kepribadian baik anda bisa dipertahankan dan kepribadian buruk Anda bisa diperbaiki.

Pada akhirnya, untuk menggapai karir yang cemerlang bisa anda peroleh dengan cara mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya titik terima kasih dan tetap semangat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Bentuk Tes Psikotes Yang Sering Digunakan Di Perusahaan Swasta Atau Pemerintah

Bentuk Tes Psikotes Yang Sering Digunakan Di Perusahaan Swasta Atau Pemerintah

Di kehidupan sehari-hari, tentunya kita kerap kali mendengar kata tes psikotes atau tes psikologi. Akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *