Tren Pekerjaan Yang Akan Populer Dimasa Mendatang

Tren Pekerjaan Yang Akan Populer Dimasa Mendatang

Disejumlah sektor industri dan bisnis di tahun 2020 mengalami perubahan yang cukup signifikan, bahkan sampai dengan sekarang ini. Perubahan tersebut terjadi pada karyawan, sistem kerja, bagian produksi sampai dengan penjualan.

Metode mencari kerja dan juga metode bekerja di dunia kerja itu sendiri juga mengalami cukup banyak perubahan. Kondisi tersebut terjadi saran pandemi covid19 masih terjadi sampai tahun 2121.

Pengetahuan tentang trend dan popularitas pekerjaan dimasa yang akan datang wajib dipahami, terutama bagi Anda yang baru saja lulus sekolah atau kuliah. Dengan memahami kondisi tersebut, anda tentunya dapat membuat strategi yang tepat untuk mencari pekerjaan maupun mempersiapkan dan merencanakan karir di masa mendatang.

Tren Pekerjaan Yang Akan Populer Dimasa Mendatang

Artikel ini akan membahas tren pekerjaan yang akan populer di masa mendatang titik berikut adalah uraiannya.

1. Di Setiap Sektor Bisnis Remote Work Masih Sangat Diminati

Efek dari adanya pandemi covid-19 menjadikan adanya perubahan di sistem kerja, di mana untuk menghindarkan Setiap karyawan dari potensi terkena covid-19 dan juga mencegah setiap karyawan mengalami penularan diterapkan diterapkan sejumlah protokol kesehatan, diantaranya adalah kerja dari rumah atau au sering dengan istilah wfh (work from home) dan juga selalu menjaga jarak di tempat bekerja.

Perusahaan besar seperti Facebook, Google dan Twitter merupakan contoh perusahaan yang menerapkan budaya remote work. Budaya tersebut lahir dari trend bekerja dari rumah.

Di negara Indonesia, kebiasaan bekerja secara remote work yang kerapkali diartikan bekerja dari rumah telah dijadikan oleh banyak perusahaan sebagai sistem kerja guna menekan penyebaran virus. Termasuk di dalamnya adalah aturan mengenai pembatasan sosial dan juga jaga jarak di sejumlah kota maupun daerah selama masa pandemi ini bebek

Baca Juga   Trik Menghadapi Interview Kerja Agar Bisa Melewatinya Dengan Mudah

Dengan melihat model adaptasi tersebut, ada kemungkinan trend atau budaya remote work menjadi lebih menjamur di Indonesia, sebab sangat banyak bidang profesi yang hanya memanfaatkan koneksi internet sebagai media inti dalam bekerja tanpa repot pergi kekantor dan pulang ke rumah.

2. Wawancara Kerja Yang Cukup Sulit Dan Ketat

Sesi wawancara menjadi semakin ketat seiring dengan semakin tingginya sejumlah persyaratan di dalam melamar pekerjaan. Disamping tes standar dan tes psikotes, guna melamar suatu pekerjaan diperlukan pula sesi wawancara yang merupakan sesi paling riskan dan paling penting.

Tentunya, seiring dengan meningkatnya persaingan dan persyaratan pada ada saat melamar kerja, sesi interview kerja juga semakin dipersulit. Pada proses penyaringan tenaga kerja baru, dilaksanakan sesi wawancara baik sesi wawancara secara offline maupun sesi wawancara secara online.

Para pelamar kerja tentunya wajib mempersiapkan diri ketika hendak mengikuti sesi wawancara, sebab sesi wawancara sangat berpengaruh terhadap keputusan dan pihak HRD apakah akan menerima anda sebagai karyawan baru atau sebaliknya.

3. Sektor Esensial Merupakan Pekerjaan Yang Sangat Diminati

Poin ini sangat cocok Anda pahami, terutama bagi yang yang akan memilih jurusan di bangku kuliah. Sejumlah sektor yang menjadi bidikan banyak orang diantaranya adalah sektor pendidikan, sektor pangan dan sektor kesehatan.

Sejumlah sektor pekerjaan di atas masuk ke dalam kategori sektor yang tahan banting walaupun negara sedang mengalami pandemi dan krisis ekonomi. Oleh karena itu, anda bisa menentukan jurusan kuliah yang akan diambil dengan memperhatikan sektor-sektor tersebut.

4. Freelance Merupakan Lowongan Pekerjaan Yang Banyak Peminatnya

Pekerjaan yang diprediksi mengalami peningkatan pada tahun 2021 yaitu pekerjaan mengenai dunia freelance baik tentang lowongan yang disediakan maupun persaingannya.

Baca Juga   Wawancara Di Bank Sebagai Referensi Untuk Anda Yang Akan Mengikuti Wawancara Kerja

Cukup banyak karyawan yang bekerja secara remote work atau bekerja dari rumah, di mana mereka memilih untuk bekerja sebagai freelancer guna memperoleh tambahan pendapatan. Akan tetapi, ada pula yang memanfaatkan remote work untuk bekerja di tempat kerja utama/tetap secara full time.

Keinginan yang cukup besar bekerja sebagai freelance tentunya tidaklah cukup jika hanya diimbangi dengan ketertarikan saja. Mempunyai unique selling point adalah salah satu poin penting yang akan membedakan anda dengan yang lainnya sehingga Anda bisa lebih diprioritaskan.

5. Berpindah Jalan Karir Dilakukan Banyak Orang

PHK atau pemutusan hubungan kerja cukup banyak diambil oleh perusahaan karena adanya pandemi covid 19. Hal itu my heart dilakukan perusahaan untuk meminimalisir defisit. Efek dari adanya PHK yaitu terjadi perpindahan karir yang semakin tinggi.

Efek dari tingginya perpindahan karir tersebut menjadikan persaingan di dalam melamar pekerjaan semakin tinggi pula. Banyak di antara mereka yang mencoba untuk memilih pekerjaan baru. Mungkin saja, hal tersebut disebabkan oleh susahnya mendapatkan kesempatan didalam mendapatkan pekerjaan seperti yang sudah mereka tekuni sebelumnya.

Terdapat berbagai macam jenis profesi atau pekerjaan yang dapat dijadikan sebagai alternatif oleh mereka yang kena PHK dan belum bisa memperoleh pekerjaan yang sama dengan yang ditekuni sebelumnya. Beberapa contoh diantaranya adalah Menjadi Vlogger, Content Creator, Influencer, Freelance dan pengusaha baik bidang jasa ataupun makanan.

6. Menggunakan Jasa Resume Profesional Atau Penulis CV

Tujuan dari penggunaan jasa resume profesional maupun penulis CV yaitu untuk menguraikan pengalaman, keterampilan dan ketercapaian dari para pencari kerja baru dengan sebaik-baiknya dan seprofesional mungkin supaya pihak HRD mau melirik resume atau CV yang mereka buat.

Baca Juga   Sejumlah Materi Yang Dipelajari Serta Peluang Kerja Sastra Inggris Lengkap Dengan Asal-Usulnya

Kondisi tersebut dikarenakan semakin ketatnya proses Persaingan di dalam mencari peluang kerja. Dengan memakai jasa resume profesional atau jasa penulis CV, diharapkan CV yang dibuat benar-benar berkualitas.

Benar adanya ketika lampiran resume atau CV dibuat dengan cukup baik, akan meningkatkan kesempatan an untuk bisa diloloskan atau diundang ke tahap berikutnya, misalnya interview atau tes psikotes.

7. Kebutuhan Cover Letter Yang Menarik Semakin Banyak

Tentu, salah satu hal yang bisa membedakan antara satu orang dengan orang yang lainnya terletak pada hasil penulisan cover letter yang dibuat dengan baik dan profesional. Sangat wajar apabila perusahaan mengabaikan atau menolak cover letter yang ditulis secara umum dan standar, apalagi yang dibuat secara asal-asalan.

Pihak HRD tentunya cukup sensitif pada sejumlah hal yang berkaitan dengan aktivitas filterisasi calon tenaga kerja baru, termasuk di dalamnya adalah kualitas dari CV, resume, cover letter serta sejumlah dokumen yang lainnya.

Persiapkan Jalur Karir Anda Dan Pelajari Tren Yang Sedang Berkembang

Anda bisa mencoba langsung untuk mengaplikasikan rencana Anda di dalam melamar pekerjaan yang baru, tidak hanya membaca saja. Ketahuilah berbagai macam hal baru yang terkait dengan pekerjaan dan karir dengan sebaik-baiknya, terlebih Bagi anda yang sekarang ini sedang mencari peluang kerja baru bebek

Update lah selalu kemampuan anda, termasuk sejumlah informasi yang ada di dalam resume anda. Persiapkan dengan sebaik-baiknya CV dan surat lamaran anda.

Pahami dengan sebaik-baiknya perusahaan yang akan anda lamar, apakah perusahaan tersebut memiliki kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir yang diinginkan maupun besaran gaji yang sesuai dengan harapan. Terima kasih dan semoga pekerjaan yang didapat sesuai dengan yang diharapkan. Tetap semangat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Cara Ampuh Didalam Mengatasi Rasa Gugup Dalam Interview Kerja

Kumpulan Cara Ampuh Didalam Mengatasi Rasa Gugup Dalam Interview Kerja

Apakah anda sedang duduk diatas kursi panas? Telapak tangan Anda mulai berkeringat, wajah anda memerah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *